Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalisme,
serta Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan
untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang
komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan
penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna
meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Jurusan Komunikasi menyediakan
fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang
produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun
radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis.
Sedangkan untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa
kegiatan komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, studi banding, dan
melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangat dinamis
dalam upaya pengembangan minat dan bakat seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography
Club), HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi), dan Kine Club (Kelompok Pecinta
Sinematografi), PR Club, Journalistic Club, adalah contoh beberapa wadah
aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional.
Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering
meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle
Awards Metro TV”, penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll. Alumni
jurusan ini banyak terserap di institusi media massa stasiun TV, radio,
konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainya.
Komentar
Posting Komentar